Lintas Daerah

19 Penumpang Tujuan Dobo Karantina di Tual

Radar Investigasi.id.Tual-Kapal Motor (KM) Leuser kamis pagi 9/4/20 turunkan penumpang sebanyak, 116 orang. Untuk penumpang kota tual sebanyak 56 orang dan penumpang tujuan dobo berjumlah 19 orang.

Hal ini disampaikan Muchsin Ohoiyuf juru bicara Tim COVID-19 kota tual di area pelabuhan Yos Sudarso.

Ohoiyuf mengatakan, dari 56 penumpang yang turun, 17 orang berkarantina di SD Viditan 1 tual dan rata-rata asalnya dari Kecamatan Tayando Tam.

“Dari sisa penumpang yang dikarantina terpusat, semuanya meminta untuk karantina mandiri dengan menandatangani surat pernyataan dan pelaku karantina di awasi oleh RT/RW, desa , dusun, lurah dan tetangga sekitar.” ujarnya.

Dikatakan, setelah tim melakukan pendataan terdapat 19 penumpang yang mau ke Dobo.Sementara, kapal Leuser tidak menuju ke sana

Setelah mendapatkan temuan ini, SEKDA tual langsung berkoordinasi dengan SEKDA Dobo terkait dengan masyarakatnya yang tujuan ke dobo, Akan tetapi, SEKDA Dobo menolak karena sudah ada aturan yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru.

Untuk itu, kebijakan pemerintah kota tual penumpang tujuan Dobo, diturunkan dan dikarantinakan secara terpusat menunggu koordinasi lebih lanjut”, tuturnya.

Dijelaskan, Sanksi bagi pelaku karantina yang melanggar peraturan terdapat pada surat pernyataan pertama yaitu apabila melanggar akan ditindak sesuai aturan protokoler.

“Jika kedapatan berkeliaran pelaku karantina akan langsung diambil dan dikarantina di satu tempat khusus selama 14 hari terhitung sejak dilakukannya pelanggaran perjanjian tersebut,” jelasnya.

Walikota tual Adam Rahayaan menghimbau kepada semua masyarakat untuk mematuhi semua regulasi yang diturunkan baik dari pusat maupun provinsi yang kaitannya dengan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Tetap jaga jarak di tempat keramaian, jangan keluar rumah jika tidak terlalu mendesak, tetap siaga, waspada, jangan panik, jangan percaya informasi hoax

Ohoiyuf juga mengungkapkan, hal terpenting adalah terus berdoa, dekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing dengan harapan agar kota Tual, kepulauan Kei secara umum dijauhkan dari Covid-19.(stef)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top