Metropolitan

Antisipasi penyebaran Covid-19, ini yang Dilakukan Puskesmas Mandalle

Pangkajene.Radarinvestigasi.id-Ditengah maraknya kasus Covid-19 yang sekarang melanda berbagai Negara di Dunia, dan tidak terlepas di Indonesia. Maka berbagai macam cara yang dilakukan pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus yang sangat meresahkan masyarakat. Salah satunya adalah menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar dan menghindari kerumuman.

Begitu juga Puskesmas Mandalle yang berada di Kecamatan Mandalle kabupaten Pangkajene dan kepulauan terus Aktif melakukan sosialisasi cara pencegahan penyakit menular ini. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengunjungi Masyarakat yang di duga memiliki gejala awal Covid-19 seperti demam, batuk dan pilek.

Maka dari hasil laporan yang diterima bahwa di Desa Tamarupa tepatnya di Tamarupa Barat Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep terdapat warga yang yang baru tiba dari daerah Maluku dan mengalami gejala awal dimaksud seperti Demam batuk dan pilek, Sehingga pada hari ini Senin (23/03/2020) Pihak puskesmas bersama Bhabinkamtibmas melakukan Identifikasi terhadap warga dimaksud.

Dari hasil identifikasi yang dilakukan maka warga atas nama Muh.Sahril dg sila (46 tahun) dan putrinya Sahriana (2 tahun) mengalami demam di atas 38 derajat celcius. Menurut Mardiana, M.Kes,. Ners. Dari pihak Puskesmas yang turun langsung mengatakan bahwa “Ini adalah kasus I di Kecamatan mandalle dan kasus ini baru masuk status PDP (pasien dalam pemantauan) sehingga disarankan untuk tidak keluar rumah selama 14 hari” selanjutnya kedua warga tersebut di arahkan ke puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ikut serta dalam kunjungan identifikasi ini adalah Bhabinkamtibmas
Brigpol. Muh. Sukur. M. dari Polsek Mandalle sekaligus memastikan telah dilakukan pemeriksaan terhadap warga Mandalle yang mengalami gejala dimaksud untuk mencegah adanya penyakit Covid-19 di daerah kecamatan Mandalle. Muh. Sukur mengatakan “Hal ini harus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus dan menjaga Warga lain tertular dari Virus ini” akan tetapi ini baru upaya identifikasi karena warga tersebut belum tentu positif terinfeksi. Sehingga warga diharapkan jangan panik akan tetapi tetap melaksanakan anjuran Pemerintah untuk mengurangi aktifitas luar dan menjaga kebersihan tambahnya.

Dalam hal mengatasi penyebaran Virus ini, pihak Puskesmas juga mengharapkan kiranya ada warga yang punya riwayat dari luar daerah status darurat Covid-19 apalagi dari luar negeri, maka diharapkan segera memeriksakan diri di Puskesmas terdekat sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran virus yang lebih luas. (lm)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top