Lintas Daerah

Bupati Respon Usulan Kesra Soal Insentif dan Umroh

RADARINVESTIGASI.ID.HALMAHERA TENGAH – Kepala Daerah Kabupaten Halmahera Tengah Drs Edi Langkara MH, di dampingi Kabag Kemasyarakatan Pemkab Halteng Ustasz Yusuf Hasan, Assisten I Bupati Rustam M.Si dan romhongan pimpinan SKPD Pemkab Halteng serta di hadiri Kapolsek Patani Iptu Fegi Hendra, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan seluruh undangan orang tua santriwan/santriwati dan para seluruh Kepala Desa se Kecamatan Patani, Patani Utara.

Kabag Kemasyarakatan Pemda Halteng, Ustadz Yusuf Hasan S.Ag. M. Pd.I dalam mengawali laporan ini Pendidikan agama sangat penting di kedepankan untuk mendorong anak-anak kita untuk lehih giat lagi mendalami isi Al Quran, yang juga merupakan salah satu tolak ukur citra sebuah institusi pendidikan non formal kususnya TPQ itu sendiri. Wisuda Santri TPQ ini merupakan program 100 hari kerja Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah Bapak Bupati dan Wakil Bupati,” katanya.

Perlu diketahui pula bahwa program wisuda santri ini adalah untuk pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Halmahera Tengah dan kami selaku Ketua Pelaksana sangat mengharapkan agar di tahun berikutnya bisa lebih banyak lagi dari yang ada saat ini,” pintahnya.

Kami sangat berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada para Azitja, Ustadz, dan Ustadza TPQ yang selama ini telah mencurahkan segala perhatiannya, tenaga dan pikirannya untuk membrantas buta aksara Alquran dan ini merupakan tugas yang mulia,” tuturnya.

Kabag Kesra juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memotivasi ustadz dan ustadza dalam melaksanakan proses belajar mengajar di TPQ guna menciptakan generasi Qur’ani. Untuk menarik minat santriwan dan santriwati agar selalu aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada TPQ. Dan untuk meningkatkan peran serta orang tua dalam memberantas buta aksara Alquran. Serta menarik perhatian Pemda Halteng khususnya di wilayah kecamatan dan desa dalam menyediakan sarana dan prasarana penunjang demi tercapainya tujuan pembelajaran pada TPQ,” akunya.

Selanjutnya kami laporkan bahwa s jumlah peserta wisuda santri sebagai 88 santri dan per kecamatan sebagai berikut diantaranya untuk jumlah TPQ Kecamatan Patani Barat 14 santri, Patani 13 santri, Patani Utara 41 santri, Patani Timur 20 santri.

Pada kesempatan itu juga terkait dengan program Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Tengah yang akan mengumrohkan 6 orang pada bulan Maret 2018. Pada kesempatan ini pula kami melalui Bagian Kemasyarakatan (Bakesra) mengusulkan agar menyisipkan tiga orang dari guru-guru TPQ dan tiga orang dari masyarakat. Selain itu, kami juga mengusulkan agar insenyif para Imam dan Pendeta serta para stafnya di naikkan,” tandasnya.

Bupati Halteng Drs Edi Langkara, MH dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Abd Rahim Odeyani akan mendorong secara total pendidikan Alquran secara konprenshif dilingkungan masyarakat Kabupaten Halmahera Tengah,” katanya.

Tahun ini kita melakukan hajatan yang besar salah satu kegiatan strategis di negara ini yakni MTQ yang dipusatkan di desa Peniti Kecamatan Patani Timur yang insyallah dilaksanakan di akhir Maret 2018 ini. Dan saat ini disana masih dalam pekerjaan infrastruktur jembatan penyebrangan jalan kaki untuk membangun satu suasana permadani yang ada dikawasan bibir pantai sebagai sebuah mahligai dimana ada tempat kompetisi para Qory dan Qorya pada bidang agama islam,” katanya.

Hal itu kita lakukan dalam rangka menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap agama lebih khusus kita mampu melahirkan generasi yang cinta terhadap Alquran,” harapnya.

Terkait dengan usulan yang disampaikan Kabag Kesra diatas tentang TPQ ini bisa di fasilitasi oleh Pemda. Untuk itu, Bupati meminta kepada Kabag Kesra untuk memasukan data seluruh TPQ untuk kita masukan biaya pembiayaan pendidikan agama sebelum pembahasan APBD Perubahan 2018 pada bulan Mei ini,” Selain itu, para guru agama pun di data biar mendapatkan insentif seperti Imam dan Pendeta. Bupati juga meminta kepada para kepala desa untuk menyisipkan Alokasi Dana Desa untuk TPQ. (*)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top