Bupati Sumbawa Barat Membuka Secara Resmi TMMD Ke 108 Kodim 1628/SB

dibaca 31x

Sumbawa – Barat.Radarinvestigasi.id | Kodim 1628/SB menggelar acara Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 TA. 2020 di wilayah Kodim 1628/Sumbawa Barat dengan tema “TMMD Pengabdian untuk Negeri” Secara Resmi dibuka oleh Bupati Sumbawa Barat Drs. Ir. H. W. Musyafirin, M.M., bertempat di Aula Lantai 3 Gedung Setda jln Bung Karno, Kompleks KTC Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (30/6/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumbawa Barat dalam sambutannya menyampaikan, mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat khususnya warga Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI atas dilaksanakannya TMMD ke 108 di KSB, dan Pemda KSB akan memberikan yang terbaik untuk menyukseskan TMMD, sehingga kegiatan yang direncanakan diharapkan bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi rakyat KSB.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT dan berterimakasih kepada para TNI yang sudah membantu meringankan masyarakat kami melalui TMMD, khususnya di Desa Seminar Salit,” ucap Bupati.

Sedangkan Dandim 1628/SB Letkol Czi Eddy Oswaronto, ST., menyampaikan, Pembukaan TMMD ke-108 kodim 1628/SB resmi dibuka hari ini, seperti kita ketahui sebagai kegiatan pendahuluan atau Pra TMMD yang telah dikerjakan selama beberapa hari yang lalu, sehingga diharapkan seluruh sasaran yang menjadi program TMMD 108 selama jangka waktu satu bulan kedepan dapat dikerjakan dengan maksimal dan tepat waktu serta dapat dirasakan manfaat oleh masyarakat setempat.

“Dukungan dan kerjasama dari seluruh stakeholder tentunya sangat dibutuhkan untuk menyukseskan TMMD, karena kekuatan utama dari TMMD ini terletak pada sinergitas antar lembaga dan koordinasi yang erat antar unsur pelaksana disemua tataran serta yang tidak kalah penting meningkatnya kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ungkap Dandim.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan beberapa sasaran fisik TMMD 108 yakni pembuatan jalan strategis pertanian yang terdiri dari timbunan jalan, pembuatan jembatan kecil/plat deker, pembuatan gorong-gorong dan talut, kemudian pembuatan masjid di Dusun Batu Melik, Pembangunan baru 1 unit RTLH dan rehab sedang 1 unit RTLH di Dusun Batu Melik dan Dusun Seminar.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, kegiatan tersebut diharapkan dapat mempermudah jalur transfortasi kendaraan pengangkut hasil pertanian sehingga biaya buruh tani untuk angkut hasil tani dapat diminimalisir, jarak tempuh lebih dekat sampai dengan 2 km, mempermudah akses masyarakat menuju lahan persawahan, termasuk memudahkan jalur penghubung masyarakat Dusun Batu Melik menuju Desa induk serta menambah sarana ibadah Masyarakat.

“Pemilihan sasaran fisik TMMD atas usul saran dari Masyarakat dikerjakan melalui Program lintas sektoral yakni TMMD 108 salah satu bentuk kepedulian TNI bekerjasama dengan Pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat dalam upaya membantu mengatasi kesulitan rakyat,” katanya.

Sasaran non fisiknya adalah melaksanakan sosialisasi dan upaya-upaya pencegahan covid-19, termasuk selama pelaksanaan kegiatan TMMD seluruh personel TNI dan masyarakat yang bekerja harus mempedomani protokol kesehatan pencegahan covid-19, sehingga pada program TMMD ke 108 ini selain sukses membangun sarana dan prasarana bagi masyarakat juga sukses dalam mencegah penyebaran covid-19 di KSB.

Dari seluruh sasaran yang ada, Dandim berharap akan terciptanya kondisi RAK juang yang tangguh untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat sehingga terwujud ketahanan nasional yang kuat.

Turut hadir pada acara tersebut Pasi Bakti TNI Siterrem 162/WB, Wakil Ketua DPRD Sumbawa barat, Kapolres Sumbawa Barat, Sekda Kab. Sumbawa barat, Kajari Sumbawa barat, Kepala BNN Kab. Sumbawa barat, Kadis PUPR Kab. Sumbawa barat, Camat Brang Rea, Danki B Yonif 742, Danki Brimob KSB, Danpos AL Benete, Kades Seminar Salit, Toga, Tomas, Todat serta Mahasiswa KKN Universitas Cordova Sumbawa Barat dan Mahasiswa KKN UTS KSB. (YD)