Lintas Daerah

Calon Kades Terpilih Terindikasi Palsukan Ijasah

Dobo.Radarinvestigasi.id-Pada tanggal 9 Juli 2018, Desa Maekor Kecamatan Aru Selatan Utara telah menyelenggarakan pemilihan kepala desa dengan pemenangnya adalah Melkias Lombilatu mengalahkan 2 calon lainnya yaitu Gidon Yakop dan Ibu Jeneta Goin.

Gidon Yakop calon nomor urut 2, di Hotel Sinar Harapan baru-baru ini, kepada wartawan, dia menjelaskan bahwa “Tiga calon yang mengikuti pemilihan kepala desa dengan perolehan suara, masing-masing Nomor urut 1. Gidon Yakop, (172 suara) 2. Melkias Lombilatu, (201 Suara) 3. Ibu Jeneta Goin (26 Suara). Yang keluar sebagai pemenang adalah Nomor urut 2 atas nama Melkias Lombilatu dengan jumlah perolehan suara 201 orang, namun yang bersangkutan diduga menggunakan ijasah palsu. Gidon Yakop menilai ada kepentingan orang-orang tertentu, sehingga memaksa loloskan Melkias Lobilatu dengan indikasi menggunakan ijasah Palsu”.

“Kita harus cari keadilan sesuai dengan aturan yang berlaku. Terkait dengan indikasi pemalsuan ijasa saya melihat ini dipaksakan, dan ini harus diangkat dan diproses hukum”, katanya.

Dirinya mengaku, menagis dengan melihat permainan yang terang-terangan, karena didalam ijasah tidak ada pas foto, kemudian cap tiga jari ada dibagian luar kotak tempel foto. Gidon Yakop yang merasa dirugikan, terpaksa mengambil langkah hukum dengan memberikan kuasa kepada advokat untuk mendampingi perkara dimaksud.

Bukti-bukti yang diperlihatkan adalah ijasah SD Melkias Lombilatu yang dilegalisir tanpa Pas Foto, dilampirkan dengan surat pernyataan penolakan kepala sekolah SD Kristen Maikor, B. Temar, terhadap Ijasah Foto copy Melkias Lombilatu tanpa Pas Foto. Bukti lain yang juga diperlihatakan, adalah ijasah SMP dengan Pas Foto yang ada dalam ijasah, diduga adalah roman/wajah orang lain, dan bukan wajah Melkias Lombilatu.

Selain itu, sebagian bordir pada pinggiran ijasah yang di copy tidak kelihatan. Dia berharap ada keadilan ketika laporan ditangani oleh kuasa hukum yang dipercayakannya. “yang saya harapkan adalah adanya keadilan di daerah ini ketika masalah diproses hukum” Tambahnya.

Sampai berita ini dinaikkan pihak pemenang adalah Nomor urut 2 atas nama Melkias Lombilatu belum ada tanggapan terkait indikasi ijazah palsu dikarenakan saat didatangi dirumah kediamannya untuk dikonfirmasi beliau tidak ada ditempat. (team)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top