Tak Berkategori

Desa Kalatiri Diduga Bermasalah, Inspektorat Akan Lakukan Pemeriksaan Khusus

Luwu Utara.Radarinvestigasi.id-Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa dan desa adat di seluruh Indonesia.

Dana tersebut ditransfer melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Tiap kabupaten/kota mengalokasikannya ke tiap desa berdasarkan jumlah desa dengan memperhatikan jumlah penduduk (30%), luas wilayah (20%), dan angka kemiskinan (50%).

Tingginya Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang masuk kerekening Desa, menuai banyak Dugaan Permasalahan dalam aspek pengelolaan Anggaran oleh Desa yang bersangkutan.

Salah satunya adalah, aspek menajemen akuntasi pengelolaan Anggaran yang diduga masih amburadul sehingga memicu lahirnya laporan pertanggung jawaban penggunaan Anggaran yang rawan Dugaan Formalitas dan Rekayasa semata.

“Seperti halnya yang saat ini yang terjadi di Desa Kala Tiri , Kec. Burau, Kab. Luwu Timur, Prov. Sul-sel ” yang diduga bermasalah ” berdasarkan dari beberapa informasi dan laporan Masyarakat ke media ini beberapa waktu lalu.

Untuk meminimalisir atas besarnya dugaan pengelolaan dan penggunaan anggaran dana Desa yang diduga tidak sehat pada Pemerintah Desa Kalatiri, maka inspektorat akan melakukan Pemeriksaan Khusus.

Hal itu diungkapkan Kepala Inspektorat Kab. Luwu Timur, saat di konfirmasi di ruang kerja beberapa waktu lalu oleh wartawan.

Ia mengatakan” mengenai Desa Kalatiri kami sudah agendakan untuk dilakukan pemeriksaan khusus, tinggal menuggu rekomondasi dari Bupati” jelasnya.

Sampai berita ini dinaikkan belum ada klarifikasi atau konfirmasi terkait perihal diatas dari kepala desa di karenakan saat dihubungi melalui via telfon tidak dijawab dan kepala Desa Kalatiri susah ditemui serta terkesan menghindari wartawan. (Ard )

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top