Metropolitan

Diduga Program Cetak Sawah Baru Berkubang Masalah

Bireuen.Radarinvestigasi.id-Program cetak sawah baru (CSB) seluas 40 hektar di Kabupaten Bireuen bernilai ratusan juta rupiah, dari sumber APBN TA 2019 diduga berselemak masalah dan menjadi ladang korupsi empuk. Padahal, kegiatan tersebut melibatkan jajaran TNI selaku pendamping program ketahanan pangan nasional ini.

Ironisnya, kendati tiap tahun pemerintah pusat menggelontorkan dana, namun program CSB selalu terbengkalai akibat sikap tamak, para pejabat dinas terkait dan oknum-oknum tertentu, yang terlibat menggerogoti hak rakyat ini. Seperti CSB TA 2019 lalu, dengan alokasi 40 ha lebih pembukaan sawah baru, tapi realisasi hanya 6 hektar saja. Sedangkan sisanya tak pernah ada kejelasan dan anggaran telah ditarik seutuhnya.

Kepala dinas pertanian M. Nasir yang di temui media ini Senin 16/Maret. 2020 di ruangan kerjanya mengatakan pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh pihak kodim 0111. Pekerjaan tersebut dapat dimanfaatkan hanya sekitar 6 hektar. Dan selebihnya hanya menggelengkan kepala di depan media ini.

Anehnya lagi kepala dinas pertanian Kabupaten Bireuen, malah mengarahkan pihak media ini untuk dapat menanyai langsung kepada Pasi Intel Kodim Bireuen.

Pasi Intel kodim Bireuen Murdani yang di Konfirmasi media ini Senin 16/Maret 2020 melalui handphone pribadi saat di hubungi media ini, belum dapat menjawab telpon. Namun media ini mencoba melalui SMS untuk dapat memberikan hak jawab terkait persoalan tersebut.

Pasi Intel menjawab dengan balasan SMS nya ” Saya tidak monitor coba ke Pasiter bagian Kodim saja”, ungkapnya
Kepada media ini.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Syawal yang di konfirmasi media ini melalui handphone seluler pribadinya mengatakan “kegiatan tersebut sudah selesai pada 2019 lalu”.

“Namun bermacam kendala yang dihadapi oleh mereka seperti saluran air sudah dibuat tapi kembali hancur. Kita sampai saat ini masih melakukan pengawasan dan pengerjaan agar lahan yang sudah kita benahi itu dapat bermanfaat bagi masyarakat”, tambahnya kepada media ini. (tim)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top