Tak Berkategori

Direktur Pembenihan Perkebunan Kementan RI berkunjung ke Kampung Sagu di Luwu Utara

Luwu utara.Radarinvestigasi.id-Direktur Pembenihan Perkebunan Kementan RI, H. Muhammad Annas, berkunjung ke Kampung Sagu di Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara, Jum’at 23 maret 2018

Direktur Pembenihan Kementan RI, H. Muhammad Annas, bersama rombongan dari tim Jepang yang terdiri dari Prof. Dr. Osozowa Katseya (Dosen dan Peneliti Sagu, Ehime University), Prof Ehere Hiroshi (Direktur dari Sagu Paim Society Najaya University Jepang) dan di dampingi perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan, Syarif.

Setiba di Luwu Utara “Kampung Sagu” langsung berdialog dengan Kepala Bappeda Luwu Utara, Rusdi Rasyid terkait kondisi dan pengembangan sagu di Luwu Utara.

Kepala Bappeda Rusdi Rasyid, menyampaikan terima kasih atas kunjungan pak direktur pembenihan kementan RI karena sudah berkunjung ke Luwu Utara.

“Kami di pemerintah Luwu Utara berkomitmen dalam hal pembudiyaan sagu melalui penerbitan regulasi dalam bentuk peraturan pemerintah daerah (perda)” ujarnya.

Disamping itu, Rusdi Rasyid apresiasi apa yang telah di rintis oleh Prof Ozosowa harus terus disupport dan berharap kepada pak direktur dapat membantu dalam pengembangan sagu kedepannya di Luwu Utara.

Sementara Direktur Pembenihan perkebunan kementan RI, H. Muhammad Annas yang meninjau langsung lokasi pembibitan dengan model dua cara yakni anakan dan buah sagu. “sangat mendukung dan siap membantu pemerintah Luwu Utara. kita apresiasi kampung sagu ini dan kami akan uji untuk diberikan sertifikasi pembenihan sagu.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Kabid SDA dan Ekonomi Bappeda Luwu Utara, Ramlan, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas TPHP Luwu Utara, Dekan Fakultas Pertanian Unanda, Camat Malbar, Kanit Res Polsek Malbar, Babinsa Desa Pengkajoang, Kades Pengkajoang, Kades Waelawi, Kades Pembuniang, Ketua Kampung Sagu dan masyarakat setempat.

Diketahui, hampir setiap Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara tumbuh sagu utamanya di daerah rawa-rawa dan khusus Kecamatan Malangke Barat memiliki area yang cukup luas sekitar 340 Ha untuk tanaman sagu. (*)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top