Metropolitan

Hari AIDS Sedunia, Penderita ODHA Situbondo Meningkat Per Tahunnya Capai 200 orang

Situbondo, Jatim.RadarInvestigasi.id – Penderita Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) meningkat per tahunnya berkisar 200 orang yang menyerang Ibu Rumah Tangga (IRT). Minggu, (3/12).

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, “Pada tahun ke tahun data penderita HIV/AIDS Kabupaten Situbondo  meningkat 200 orang dan sudah ditemukan dari berbagai kalangan masyarakat. Tidak hanya orang-orang yang berperilaku beresiko, tapi sudah meluas kepada ibu rumah tangga bahkan ibu-ibu yang sedang hamil”, ujar Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Drs. H. Abu Bakar Abdi, Apt, M.Si saat menggelar Hari AIDS Sedunia di Alun-Alun Situbondo.

“Kami gencar mengadakan tes ODHA gratis untuk masyarakat, mengingat saat ini jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Situbondo mencapai hampir 1000 orang, terhitung mulai tahun 2010 sampai dengan 2017”, tukasnya.

Dinkes Situbondo menggelar Hari AIDS sedunia, yang bertemakan “Saya Berani Sehat Tes HIV-Obati-Pertahankan Pengobatan” bertempat di Alun Alun Situbondo.

Menurut pantauan RadarInvestigasi.com kegiatan tersebut juga diisi berbagai kegiatan seperti aksi senam bersama, penyuluhan HIV/AIDS di sepanjang jalan acara Car Free Day (CFD), bagi bagi brosur dan pengumpulan tanda tangan sebagai bentuk dukungan bagi ODHA dan program pemberantasan HIV/AIDS serta lawakan pelawak Situbondo.

Kegiatan Hari HIV/AIDS Sedunia yang dilaksanakan di area Car Free Day (CFD) Dinas Kesehatan Situbondo bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat diantaranya lembaga kesehatan, Lsm SAR, pelajar, mahasiswa, kelompok peduli AIDS, organisasi perempuan dan perwakilan beberapa SKPD serta masyarakat.

Perempuan yang mengaku penderita HIV sejak tahun 2012 tertular dari almarhum suaminya, “kami minta kepada seluruh masyarakat yang hadir disini untuk tidak mengucilkan kami karena HIV tak akan menular dengan jabat tangan. Oleh karena itu, jauhi penyakitnya bukan jauhi orangnya”, harapnya.

Pewarta : Fauzi
Editor : Aka
Sumber : Situbondo, Jatim.RadarInvestigasi.id

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top