Metropolitan

Kepala Desa Aik Darek Abdurrasyid Salurkan BLT Tahap Pertama

Lombok Tengah.Radarinvestigasi.id-Berbagai cara Pemerintah untuk membantu dan mensejahterakan rakyatnya guna membangun masyarakat yang kuat dalam kesetaraan sosial bermasyarakat. Program-pragram tepat guna seperti BLT yang merupakan program yang diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu dan lansia merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan melalui pemerintah Desa. Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat yang anggarannya bersuber dari Dana Desa (DD). 19/05/2020

Salah satu Desa di Kabupaten Lombok Tengah Desa Aik Darek telah menyalurkan BLT tahap pertama untuk 229 warganya, warga yang menerima bantuan BLT merupakan warga yang benar-benar membutuhkan dan kurang mampu serta telah melalui proses perifikasi dan validasi yang akurat berdasarkan katagori penerima bantuan.

Kepala Desa Aik Darek Abdurrasyid mengatakan penyaluran bantuan tahap pertama sebanyak 299 orang yang telah di evaluasi dan perifikasi secara faktual dan telah melalui proses validasi yang melibatkan RT dan Kepala dusun. Dari 13 dusun yang ada masing-masing dusun terdiri dari 23 orang penerima BLT dan semuanya mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 600.000 tanpa ada potongan. Mereka yang mendapatkan BLT tersebut merupakan warga yang di katagorikan masyarakat kurang mampu seperti lansia atau jompo, disabilitas dan masyarakat yang sakit.

BLT yang di salurkan saat ini merupakan gelombang pertama yang rencananya akan di salurkan selama tiga bulan dari bulan April hingga Juni, hari ini telah dilakukan pembagian BLT untuk tahap pertama.

Dari data yang ada untuk sementara tidak ada penambahan karena kami sudah melakukan validasi dan rapat musdes khusus di Desa Aik Darek dan berdasarkan enam katagori yang mendapatkan sumbangan ini dari sosial tersebut seperti PKH, BNPT reguler, BNPT tambahan, JPS gemilang dan JPS kabupaten. Sehingga BLT ini mengkafer bagi masyarakat khususnya yang sakit, masyarakat yang sudah jompo dan suaya data penerima bantuan sosial lainnya tidak timpang tindih, jelas Abdurrasyid Kepala Desa Aik Darek.

Bedasarkan evaluasi kami di lapangan bersama staf pemerintah Desa Aik Darek ada empat belas katagori atau kriteria masyarakat yang berhak meneriama bantuan sosial, salah satunya terutama bagi masyarakat yang tidak bisa mencari kehidupannya sehari-hari.

Sejauh ini tidak ada data atau nama penerima bantuan yang timpang tindih atau menerima bantuan dobel, karena kami selalu berkordinasi dengan kepala dusun, RT, RW dalam melakukan pendataan seskudes dan terus memvalidasikan data agar tidak ada nama atau penerima bantuan yang timpang tindih dan kami tidak mau ada yang menerima dobel atau lebih , lanjut Abdurrasyid.

Dana yang di alokasikan untuk BLT tersebut merupakan Dana pendapatan dari Desa tersebut, bila mana kita mendapatkan Dana Desa (DD) di atas satu Milyar maka akan di alokasikan sebesar 35 porsen dan apa bila Desa tersebut mendapatkan Dana Desa (DD) di bawah satu milyar maka akan di alokasikan sebesar 30 porsen sesuai aturan yang berlaku.

Selain BLT, masyarakat Desa Aik Darek juga mendapatkan bantuan JPS Kabupaten yang di salurkan oleh pemerintah Kabupaten melalui Dinas sosial Kabupaten Lombok Tengah, untuk bantuan JPS kabupaten mendapatkan bantuan sebanyak 51 orang dan telah di salurkan pada penerima bantuan sesuai nama yang telah terdata. Dari data 51 orang tersebut mereka juga tidak terdaftar sebagai penerima BLT. Dan JPS Kabupaten juga sama penyalurannya selama tiga bulan.

“Dari data-data yang telah terhimpun melalui proses evaluasi dan validasi, samapi saat ini tidak ada komplin ataupun protes dari masyarakat Desa Aik Darek karena kami selalu turun memantau dan menanyakan kepada masyarakat kami di tingkt dusun bersama kadus dan RT setempat agar tidak terjadi masalah”, tegas Abdurrasyid. (YD)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top