Lintas Daerah

KETUA DPRD LUWU UTARA MEMIMPIN JALANNYA RESES DIKECAMATAN RONGKONG

Luwu Utara, Limbong.Radarinvestigasi.id-Reses DPRD kabupaten Luwu Utara masa sidang kedua dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 dipimpin langsung oleh ketua DPRD kabupaten Luwu Drs Basir pada Kamis siang dikecamatan robgkong, 20-02-2020.

Ketua DPRD Luwu Utara, Drs. Basir merupakan salah satu keterwakilan DPRD melalui pemilihan Dapil IV meliputi wilayah kecamatan Rongkong, seiko, Baebunta, dan Sabbang dengan perolehan suara tertinggi pada pemilihan legislatif tahun 2019 lalu.

Drs Basir selaku pimpinan Reses menyampaikan kepada peserta Reses agar menyampaikan usulan usulan prioritas yang nantinya kami akan singkronisasikan dengan hasil usulan prioritas Musrembang Desa, jadi saya harapkan khususnya para kepala Desa agar jangan ragu untuk melaksanakan pembangunan, sepanjang pak Desa mau anggarkan Dana Desanya, anggarkan Saja.dan bila mana masih ragu kiranya dapat berkoordinasi untuk mempertanyakan Juknisnya demi kelancaran pembangunan.

Dan perluh kita ketahui bersama bahwa 65 % wilayah kita di kabupaten Luwu utara termasuk kawasan Hutang lindung yang menjadi kendala utama dibeberapa tahun terakhir untuk membuka akses pembangunan karena dengan adanya larangan dari dinas kehutanan untuk manggunakan alat berat, namun dengan adanya Komonikasi yang dibangun oleh pemerintah daerah melalui pemerintah provinsi dan pemerintah pusat sehingga akses pembangunan pada tahun ini dapat berjalan.

Turut hadir pada Reses kali ini H.M. AZHAL ARIFIN. menyampaikan kepada para kepala desa agar memperioritaskan program peningkatan SDM yang dapat dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa sebanyak 30 % karena bila mana kita memiliki SDM yang kuat maka tentunya akan menjadi penunjang pola pikir dalam meriset sebuah pembangunan didesa kita, Olehnya itu pencampaian Hari ini merupakan buah dari hasil reses kita tahun sebelumnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa potensi desa yang ada di kecamatan Rongkong ini, tentunya tidak terlepas dari prioritas usulan disektor Wisata dan pertanian. dan hari ini perluh kita mengapresiasi kepada dua Desa melalui kreatifitas pemuda yang telah membangun Destinasi wisata Alam PAK’RAMEAN yang berada di Desa Limbong dan Destinasi Wisata Alam BUNTU TABUANG yang terletak di Desa Rinding Allo kecamatan Rongkong, kita selaku pemerintah tetap mensuport agar destinasi wisata Alam tersebut kedepan dapat berkembang menjadi objek Wisata tingkat Nasional.

Kemudian prioritas disektor pertanian dan perkebunang tetap kita upayakan untuk lebih meningkatkan sistem tata kelolah melalui pengembangan berbasis teknologi dengan tetap mengedepankan perawatan secara Alami tanpa menggunakan bahan bahan Kimia. olehnya itu, tentunya sangat dibutuhkan adanya keterlibatan langsung secara Aktif kepada penyuluh untuk mendampingi serta memberikan bimbingan secara teknis kepada petani menuju tercapainya peningkatan produktivitas, penyuluh tidak boleh Vakum alias mandul dalam menjalankan Tugas karena penyuluh diberi Upah dari Negara dengan Gaji yang Cukup Tinggi.

Reses masa sidang kedua pada kesempatan ini. turut Hadir Tandi Buni selaku ketua LSM DPC KOMANDO GARUDA SAKTI (KGS) ALIANSI INDONESIA Kabupaten Luwu Utara yang merupakan putra kelahiran Rongkong, angkat bicara pada sesi tanya jawab. dan menegaskan kepada Anggota DPRD yang sempat Hadir, agar kegiatan Reses ini dapat berjalan sesuai dengan amanah Undang Undang, bukan merupakan sebuah kegiatan yang sering orang asumsikan sebagai kegiatan ajang serimonial Tahunan.

Tandi Buni berharap, semoga kebersamaan kita pada Reses kali ini menjadi momentum suatu kegiatan yang terukur sehingga dapat mengakomodir usulan usulan prioritas yang terkait kebutuhan masyarakat pada tahun akan datang. dan suatu kesyukuran buat saya, dengan hadirnya ketua DPRD kabupaten Luwu Utara, Bapak Drs Basir. yang merupakan bagian dari masyarakat keluarga rongkong, kiranya dapat memperhatikan jalan ibu kota yang hancur total mulai dari Dusun SaluTallang dan Lampu penerangan jalan dibeberapa titik.

Dan terkhusus kepada para kepala Desa, saya tekankan agar disetiap program pembangunan yang dialokasikan didesa Masing masing baik itu menggunakan Dana APBN maupun bersumber dari Dana APBD dapat menjiwai dengan semangat memiliki pembangunan tersebut, bukan jiwa dan semangat untuk melaksanakan pembangunan yang didasari dengan niat kotor untuk memperkaya Diri, dan begitupun juga buat Dinas pemberdayaan Masyarakat pemerintah Desa ( DPMD ) kiranya Turung kelapangan untuk mengkroscek secara objektif disetiap item pembangunan sebagai Evaluasi kinerja pemerintah yang baik tutur Tandi Buni. (adi)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top