Metropolitan

KETUA DPRD MALRA, TURUN KE OHOI WATSIN MELIHAT PERSOALAN RAKYAT

Elat.Radarinvestigasi.id-Kondisi air bersih di Ohoi Watsin Kecamatan Kei Besar Tengah Kabupaten Maluku Tenggara dinilai sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak sejumlah warga Ohoi Watsin yang tinggal di sebelah utara dengan terpaksa berjalan kaki sepanjang 500 meter menuju sebelah Selatan Ohoi Watsin untuk mengambil air bersih.

Kondisi masyarakat tersebut disampaikan Bruno Walten kepada Ketua DPRD Maluku Tenggara Minduchri Kudubun,SE dalam pertemuan dengan masyarakat Ohoi yang dihadiri oleh Pejabat Joseph Heatubun dan Perangkat Ohoi di Balai Ohoi Watsin pada Sabtu(28/12)2019.

Menurut Bruno, pembangunan air bersih di Ohoi Watsin sudah ada namun pada musim panas, sumber air tersebut kering karena itu masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih.

Sebelum air bersih itu dibangun,masyarakat meminta kepada pemborong agar sumber air bersih itu diambi dari air Matan Matutu yang diperkirakan jaraknya berkisar 7 km ke permukiman Ohoi Watsin. Bahkan saat musim panas,sumber air tersebut tidak kering karena debit airnya sangat besar.

Usai pertemuan,Ketua DPRD Minduchir Koedoeboen,SE kepada wartawan menjelaskan, saat ini masyarakat Ohoi Watsin membutuhkan air bersih karena itu persoalan ini akan dibicarakan dengan Anggota DPRD untuk selanjuatnya secara kelembagaan DPRD akan menyampaikan persoalan ini kepada Pemerintah Daerah Maluku Tenggara untuk dimasukan dalam APBD Perubahan tahun 2020.

“Kalau persoalan air bersih ini tidak bisa tertampung dalam APBD perubahan 2020 karena terkait dengan kemampuan keuangan daerah maka selaku wakil rakyat dari Dapil II Maluku Tenggara akan mengawal persoalan ini untuk dimasukan dalam APBD 2021,” jelasnya.

Menurutnya, selain persoalan air bersih, ada beberapa masalah yang disampaikan warga dalam pertemuan tersebut seperti talut penahan pantai untuk mengantisipasi terjadinya abrasi pada permukiman rakyat di pesisir pantai,kekurangan tenaga guru SD serta bantuan perikanan untuk masyarakat pesisir di Ohoi Watsin

Ketua DPRD yang juga putra Kei Besar ini kembali menjelaskan bahwa dari semua usulan yang disampaikan itu akan dilihat mana program prioritas untuk ditindaklanjuti. (TIM)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top