Lintas Daerah

KP2KP Lasusua Sosialisasi ke Sejumlah Aparat Desa di Kolaka Utara

LASUSUA.RADARINVESTIGASI.ID-Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menilai masih banyak bendahara desa yang kurang mengetahui mekanisme perpajakan dalam setiap pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang dikelolah langsung sehingga mengundang seluruh bendahara desa dengan tema dialog perpajakan tentang pemotongan dan penyetoran pajak atas pemanfaatan dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2017,di aula Hotel berlian.

Kepala kantor KP2KP Lasusua,Nirbowo Sulistyo Aji mengatakan tujuan mengumpulkan bendahara desa untuk menyampaikan langsung tentang perpajakan dalam setiap anggaran yang dikeluarkan Alokasi Dana Desa merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sebagian besar berasal dari pembayaran pajak seluruh rakyat Indonesia, sehingga harus dipertanggung jawabkan dengan baik dan benar.

“Mereka (bendahara,red) mengelolah dari dana APBN jadi unsur perpajakannya harus terpenuhi, ujar Nirbowo Selasa (19/12/2017).

Menurutnya, berjalannya kegiatan tersebut secara efektif dan efisien. Sosialisasi ini dilaksanakan dalam dua sesi yaitu pagi dan siang mengingat banyaknya materi yang disampaikan.

“karena selama ini kita buka pelayanan konsultasi jadi kegiatan ini di minggu ketiga bulan desember sebagai pemantapan saja,” katanya.

Lebih lanjut dia katakan,banyak bendahara desa yang baru menunda melakukan penyetoran padahal sudah melakukan pemotongan tapi selalunya diakhir tahun seharusnya tepat waktu.

“Banyak bendahara desa melakukan pemotongan pph pasal 22 dan pph pasal 23 keliru dengan cara menyetor diakhir tahun,padahal itu salah” ungkapnya.

Nirbowo menambahkan,institusi perpajakan tidak berhenti untuk memberikan bimbingan dan konsultasi terus menerus kepada bendahara desa.

“Dialog perpajakan kali ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kewajiban apa saja yang harus dilakukan oleh bendahara desa seperti pemotongan,penyetoran dan melakukan perlaporan pajak”, tandasnya.(alim)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top