Tak Berkategori

LBH dan Penegakkan Hukum Bhayangkara Indonesia Geram, Kades Kasintuwu Terancam Dibalik Jeruji Penjara

Luwu Timur.Radarinvestigasi.id-Dugaan kasus Korupsi sejumlah anggaran Dana Desa (DD) yang di kelolah pemerintah Desa Kasintuwu Kec. Mangkutana, Kab Luwu Timur, Sulsel masih terus bergulir di Sat Reskrim Polres Lutim.

Kasus yang melilit kepala desa aktif tersebut masih dalam penanganan tahap proses penyelidikan oleh pihak kopolisian. Berdasarkan hasil pemeriksaan Inspektorat terdapat temuan kerugian ke uangan negara kurang lebih sebesar Rp.150 juta rupiah pada pengelolaan keungan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017.

Melalui Kepala Inspektorat Kabupaten Luwu Timur, Abdul Salam saat di konfirmasi baru baru ini membenarkan adanya kerugian negara tersebut.

“Iya pak memang berdasarkan hasil audit inspektorat terdapat temuan kurang lebih Rp 150 juta, dan kami juga sudah merekomondasikan untuk segara lakukan pengembalian keungan negara untuk sangsi administrasinya, namun sampai hari ini belum ada pemberitahuan ke kami untuk pengembaliannya” biasanya untuk pengembalian kerugian keungan negara harus ada pemberitahuan ke inspektorat”, jelasnya.

Menanggapi hal tersebut sejumlah LSM mendesak agar pihak kepolisian betul-betul bekerja secara proposional untuk mengungkap kasus dugaan tindak pidana korupsi Kades Kasintuwu.

Chandra Makkawaru salah satu Pengurus DPW Sulsel LBH & Penegakkan Hukum Bhayangkara Indonesia baru ini bertandang langsung ke Polres Lutim untuk mempertanyakan penangan kasus Dugaan korupsi Kepala Desa Kasintuwu.

Saat ditemui Kanit tipikor yakni Yakop Lili, salah satu penyidik tindak pidana korupsi di Sat Reskrim Polres Lutim mengatakan “iya itu masi dalam proses penyelidikan tetap itu kita akan proses sama seperti beberapa kasus kedes yang lain, seperti desa Pongkeru”, ucapanya dengan nada yang meyakinkan.

Lanjut kata Chandra dalam waktu dekat ini juga akan mendesak Bupati Luwu Timur untuk segera mengeluarkan Rekomondasi untuk Pemberhentian sementara terhadap Kepala Desa Kasintuwu karna tersandung Proses Hukum Dugaan Tindak Pidana Korupsi seperti halnya yang sudah di terapkan di Desa Pongkeru, jelasnya

Ia juga mengatakan akan mengawal kasus ini sampai selasai, ini tidak main-main, kasus tindak pidana korupsi adalah kejahatan yang sangat luar biasa, harus butuh penangan yang serius oleh kepolisian” Sat Reskrim Polres Lutim”

Lanjut ia juga menegaskan Melalui LBH & Penegakkan Hukum Bhayangkara Indonesia ini kami akan pantau terus proses hukumnya sampai pelaku tindak Pidana Korupsi berada di balik jeruji penjara, katanya dengan nada yang tegas!!!

Sampai berita ini dinaikkan pihak Kepala Desa Kasintuwu sangat susah ditemui dan terkesan menghindari wartawan untuk dikonfirmasi terkait dugaan tindak pidana korupsi tersebut. (Ard)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top