Lintas Daerah

Muntaber Menjalar di Desa Tunsai Tercatat 23 Orang

Seram Bagian Timur.Radarinvestigasi.id-Desa Tunsai, Kecamatan Werinama, Kab. Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, pertanggal 23 september 2019 sekitar jam 11.21. Ketua intelijen investigasi dari dewan pimpinan wilayah (DPW) lembaga pemantau penyelenggara triaspolitika republik indonesia (LP2TRI) kabupaten seram bagian timur yang pada saat itu berada di desa tunsai untuk melihat situasi desa tersebut maka di dapati beberapa orang tua yang mengeluh karna anaknya sakit muntaber.

Maka ketua langsung mengambil data dan dokumentasi dari rumah ke rumah dari hasil temuan ketua tercatat sudah 23 orang menderita sakit muntaber di desa tunsai.ada sebagian di larikan ke puskesmas polin untuk di rawat dan diobati.ada juga yang memilih ramuan daun jambu biji (giyawas istilah di desa) yang di olah sendiri.

Penderita lebih banyak didominasi oleh anak-anak,hanya Penderita diantaranya:
1. Arbani ari wattimena
2. Muti’ah
3. Arfan wattimena
4. Lashaleh
5. Fatir hatfuan
6. Emang wattimena
7. Endang
8. Satria
9. Akbar
10. Umi hayoto
11. Ona suin (dewasa)
12. Somed
13. Fitri
14. Ibnu fikram
15. Alya
16. Rangga
17. Susanto
18. Oga (dewasa)
19. Mama maryam (dewasa)
20. Suleman
21. Jubeda
22. Dimas
23. Jainal (dewasa)

Begitu cepat penyakit ini menyebar sehingga dalam waktu singkat bisa menular ke anak-anak. Ditambah dengan polusi udara dari debu-debu di desa tunsai akibat banyaknya kendaraan yang melintasi di jalan raya. Karna desa tunsai adalah salah satu desa yang di lalui untuk jalur desa ke kota. Kendaraan hilir mudik terutama trek-trek pengangkut matrial untuk proyek.

Ada lagi 2 orang menderita demam dan batuk yaitu ibu narti dan mama jahria. Diharapkan pihak-pihak terkait agar lebih cepat penanganannya. (SAMSUL BAHRI TANJUNG, S.PdI, MM)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top