Lintas Daerah

Proses Tender Pagar Kompi, Pokja ULP di Nilai Sarat Kepentingan

Dobo,Radarinvestigasi.id-Proses tender Paket Pekerjaan Pagar Kompi Belakang Wamar, kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, ditemui tiga (3) penilaian Harga, dalam penetuan pemenang, yaitu harga Penawaran, Harga Terkoreksi dan Harga Negosiasi. Kepala ULP Kabupaten Aru, Agus Meturan, saat dikonfirmasi baru-baru ini dalam keterangannya menjelaskan, “yang pertama tentang harga Penawaran adalah harga yang diambil dari harga yang tertera pada surat penawaran yang disampaikan oleh penyedia.

Yang kedua tentang harga Terkoreksi, adalah harga yang ditentukan berdasarkan hasil koreksi aritmatik untuk pekerjaan kontruksi yang menggunakan harga satuan dan harga langsam. Dalam koreksi aritmatik dilakukan pemeriksaan/koreksi terhadap volume dan hasil perkalian dari Rencana Anggaran Biaya. sehingga RAB dari Penyedia dikoreksi kembali dengan Harga Pokok Satuan (HPS) dari PPK. Disitu apabila terjadi perubahan harga maka itu dinamakan harga terkoreksi.

Yang ketiga adalah Harga penawaran Negosiasi. Negosiasi itu akan berlaku kalau penawaran yang masuk, kurang dari 3 penyedia. Artinya kalau dalam proses pelelangan untuk satu paket, apabila penawaran yang masuk itu hanya 2 penyedia, maka itu akan dialakukan negosiasi. Kalau penyedia bersedia menurunkan harga berdasarkan perhitungan HPS, maka disitulah disepakati harga penawaran hasil Negosiasi dengan POKJA, dan dari hasil negosiasi itu dipakai sebagai harga kontrak. Jelas Agus.

Data yang diperoleh media ini, bahwa Harga Terkoreksi CV Fajar Hendea adalah 117 juta rupiah sementara untuk CV Valita Jaya 488 juta Rupiah. Dari harga terkoreksi diatas kemudian muncullah harga Negosiasi yaitu untuk CV Fajar Hendea harga Negosiasi 429 juta rupiah, sementara untuk CV Valita Jaya 425 juta Rupiah. Direktur Fajar Hendea, Bpk. Haji Launga, mempertanyakan, dari mana harga negosiasi yang dimunculkan itu bisa naik sampai 429 juta Rupiah, sementara harga terkoreksinya adalah 417 juta rupiah?

Menurutnya dirinya tidak mengetahui adanya Negosiasi harga, dan tiba-tiba harga itu dimunculkan tanpa sepengetahuan dirinya. Kemudian dia juga pertanyakan, darimana CV Valita Jaya dengan harga terkoreksi 488 juta rupiah tetapi tiba-tiba turun hingga 425 juta rupiah. saya tidak tahu kapan dilakukan negosiasi, dan bagaimana caranya negosiasi itu dilakukan.

Karena saya tiba-tiba dipanggil oleh POKJA ULP kemudian menyampaikan harga 429 juta rupiah itu dengan mengatakan itu adalah harga negosiasi. Kapan saya dinegosiasi soal harga? Berapa HPS yang menjadi dasar Negosiasi? Tanyanya. Salah satu sumber yang menolak namayan di tulis mengaku mengetahui masalah proses tender Paket Pekerjaan Pagar Kompi dibelakang Wamar, bahwa ada mekanisme yang tidak benar dalam proses penetapan harga negosiasi. Sumber menilai, Pokja ULP tidak independen, bahkan menetapkan harga Negosiasi secara sepihak dan tidak sesuai mekanisme tentang penetapan harga Negosiasi.

“Kalaupun dilakukan negosiasi harga, mekanismenya mesti ada dua orang panitia dengan ruang yang terpisah, dan tidak saling mengetahui. Negosiasi dilakukan dalam waktu yang bersamaan dan kemudian masing-masing melakukan kesepakan harga dengan penandatangan berita acara negosiasi olah masing-masing penyedia. Kemudian kedua penyedia dan panitia secara terbuka dan bersama-sama mencocokkan harga dan langsung diumumkan sebelum penyedia pulang kerumah masing-masing.

Siapakah yang penawarannya terendah maka tentulah dia sebagai pemenang. Bukan seperti yang dilakukan oleh Pokja ULP, penyedia sudah pulang kerumah, baru mereka (Pokja) melakukan Negosiasi harga. Terangnya. Terkait dengan proses tender dan mekanisme harga Negosiasi yang tidak jelas ini, Kepala ULP, Agus Meturan mengaku akan mempertanyakan hal tersebut kepada Pokja yang melakukan proses lelang. Sepertinya ada yang tidak jelas dalam persoalan ini. Jadi nanti kita akan panggil Pokja yang menangani proses lelang untuk menjelaskan masalah tersebut. Tandasnya.

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top