Metropolitan

SANTAP SEGO TEMPONG, MAKANAN KHAS BANYUWANGI, MULUT SERASA DI TAMPAR

Banyuwangi.Radarinvestigasi.id-Banyuwangi memiliki makanan kuliner legendaris salah satunya yakni sego tempong, kuliner khas banyuwangi tersebut diburu oleh pemburu kuliner nusantara dikarenakan dari menu sangat sederhana namun dalam rasa masakan sego tempong membuat kita ketagihan dari pedas sambal.

Tentang nama mengapa kuliner yang satu ini dinamakan Sego Tempong, nama ini berasal dari nama daerah yaitu sego yang artinya nasi dan tempong artinya tampar atau tonjok. Karena sambal sego tempong yang kebanyakan pedasnya tingkat dewa, maka menu ini dinamakan sego tempong karena rasa sambalnya yang pedas seperti habis di tampar.

Pemilik warung sego tempong, ningsih mengatakan, sego tempong banyak dijual di warung – warung tradisional atau lokal. Namun ada beberapa tempat yang sudah terkenal dan dikenal oleh orang karena lauknya yang bermacam – macam “seperti, ikan laut goreng, cumi bumbu hitam, paru goreng, sate telur puyuh dan masih banyak lagi lauk yang lainnya” katanya.

Edentiknya sego tempong banyuwangi tidak lepas dengan rebusan sayur hijau dan ikan asin dan sambalnya menggunakan berbahan cabe rawit, ranti, dan jeruk tipis membuat rasanya teristimewah.

Dalam sepiring Sego Tempong, selain nasi Anda akan menemukan banyak sekali jenis makanan diantaranya: sayuran, tempe goreng, tahu goreng, dadar jagung, ikan asin dan yang tak ketinggalan sambal yang pedasnya tingkat dewa. Jika Anda menikmati masakan yang satu ini jangan lupa sediakan tisue yang cukup, karena dijamin keringat Anda akan bercucuran karena efek pedasnya sego tempong.

Sementara itu, siti, warga madura, ditemui saat memesan sego tempong, dirinya sangat hoby beli sego tempong asli Banyuwangi ini, awalnya siti tidak tahu rasa dari nasi sego tempong tersebut hingga merasa penasaran , untuk menjawab penasaranya siti memesan satu porsi disalah satu warung penjual sego tempong di daerah kelurahan sobo Kecamatan banyuwangi, usai memesan siti langsung menyantap sajian khas banyuwangi itu, dari situ lah siti merasa ketagihan atas kenikmatan dari sego tempong”rasanya pedasnya membuat saya ketagihan, apalagi ada ikan asinnya, joooss mas , sego tempong ini”, ujar siti sambil menunjukkan sego tempong kepada radar investigasi. Id. (ari bp)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top