Hukum

Sindikat Pemalsu SK Honorer di Dispar Lotim Diringkus Polisi

Lombok Timur.Radarinvestigasi.id- Tiga orang yang diduga terlibat dalam sindikat pemalsuan Surat Keputusan (SK) pegawai Honorer di lingkup Dinas Pariwisata (Dispar) kabupaten Lombok Timur (Lotim) terpaksa berurusan dengan Polisi. Satu orang terindikasi kuat menjadi tersangka, sementara dua orang lainnya masih berstatus saksi dan tengah didalami keterlibatannya.

Ketiga orang tersebut ditangkap tim Resmob, Unit Pidum, dan Unit Tipidter Satreskrim Polres Lotim pada Kamis (7/11/2019) sekitar pukul 12.30 Wita, berdasarkan Surat Perintah Nomor : Sprin /1391/XI/2019/Reskrim, tanggal 06 November 2019, Laporan Polisi Nomor : LP / 684 / XI / YAN 2.5 / 2009 /NTB / Res. Lotim, tanggal 07 November 2019.

Para pelaku yang diamankan yakni Tahir Royaldi (53 th), warga Desa Lenek, Lotim. Ia berperan sebagai Pelaku Utama atau pemesan atau orang yang menyuruh membuat. Sementara dua orang lainnya yakni Slamet Riadi (27 th), warga Desa Aikmel, selaku Pembuat SK palsu, dan Fazlul Rahman (26 th), warga Desa Korleko, Labuhan Haji, selaku pemilik Percetakan.

Dalam release pers nya, Kasatreskrim Polres Lotim, AKP I Made Yogi Purusa Utama, menuturkan keberhasilan pengungkapan bermula dari temuan SK pegawai Honor Daerah atas nama anak kandung pelaku TR. Pelaku mencontoh SK asli kemudian dibawanya ke percetakan dengan bantuan pelaku SR sebagai editor. Setelah SK tersebut selesai dikerjakan kemudian dicetak dan distempel atas nama Bupati Lombok Timur.

“Kejadian ini terungkap berawal dari kecurigaan dari Dinas Pariwisata tentang adanya SK pengangkatan pegawai Honor Daerah sehingga Dinas Pariwisata menghubungi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lombok Timur, dengan maksud meminta konfirmasi dengan adanya SK tersebut dikeluarkan. Namun pihak BKD mengaku tidak pernah mengelurkan SK Honor Daerah di lingkungan Dinas Pariwisata,” pungkas Yogi.

Dengan kejadian tersebut lanjutnya, BKD dan Dinas Pariwisata melaporkan kejadian tersebut ke Polres Lotim dengan membawa SK yang diduga Palsu tersebut.

Pelaku Tahir Royaldi kata Yogi, ditangkap di kediamannya di Desa Lenek. Selanjutnya dilakukan pengembangan terhadap percetakan tempat di terbitkan atau di buat SK Palsu tersebut.

Barang Bukti yang diamankan, 1 (satu) Lembar SK Pengangkatan Pegawai Honor Daerah di lingkungan Dispar Lotim yang diduga palsu, satu Set Komputer yang digunakan mengedit SK palsu, dan satu init Printer yang digunakan mencetak SK palsu.

“Saat ini Pelaku dan Barang Bukti diamankan di Polres Lotim guna pengembangan dan Proses hukum lebih lanjut,” tutup Yogi. (YD)

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top