Metropolitan

Tradisi Ojung Desa Bugeman Situbondo, Tolak Bencana

Situbondo, Jatim.RadarInvestigasi.id – Pertunjukan tradisi ojung dalam rangka selametan Desa Bugeman, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo bukan hal pertama diselenggarakan. Selasa, (12/12/2017).

Ritual Ojung memang setiap tahun diselenggarakan dan merupakan ritual untuk memanggil hujan. Ritual yang sudah turun menurun dan merupakan salah satu kebudayaan aset Kabupaten Situbondo.

Menurut informasi RadarInvestigasi.id Budaya ojung adalah pertunjukan pertarungan menggunakan rotan. Dalam pertarungan tersebut, satu sama lainnya memukulkan rotannya ke bagian tubuh lawannya.

Dan jika musuhnya terkena sabetan rotan sebanyak tiga kali, maka pertarungan saling sabet menggunakan rotan tersebut di hentikan. Dan pemenangnya adalah yang tak terkena sabetan rotan.

Kepala Desa Bugeman, Udit Yuliasto mengatakan bahwa, “Setiap selamatan desa, tradisi ojung Desa Bugeman harus ditampilkan. Apabila tradisi odjung tersebut tidak ditampilkan, maka masyarakat desa setempat menyakini lahan pertaniannya akan selalu kekeringan dan sulit mendapat hujan”.

Yuli menambahkan “Tradisi ojung di Desa Bugeman sudah ada sejak jaman dahulu kala, dan setiap selametan desa tradisi odjung harus tampil. Tradisi ojung oleh masyarakat diyakini sebagai ritual pemanggil hujan. Dan tradisi ojung di desa kami kelestariannya tetap bertahan”.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo, Drs. Sofyan Hadi menuturkan “Tradisi ojung merupakan salah satu aset kebudayaan Kabupaten Situbondo yang masih terjaga kelestariannya”.

“Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat Bugeman yang masih mempertahankan kebudayaan ojung ini,” ujar Sofwan Hadi. (Aka)

Caption foto: Festival Ojung Desa Bugeman, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jatim

Pewarta. : Fauzi
Editor. : Aka
Sumber. : Situbondo, Jatim.RadarInvestigasi.id

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top