Metropolitan

Warga Kecamatan Ella Hilir Keluhkan Semakin Parah Jalan Akses yang Menghubungkan Mereka ke Kabupaten Melawi

Radai Investigasi, Kalbar Melawi- Dengan maraknya postingan masyarakat di laman FB akhir akhir ini terkait keadaan yang kian memprihatinkan terlihat ruas jalan utama yang menghubungkan kecamatan Ella hilir dan kabupaten Melawi saat ini.

Imam Syafi’i warga Ella hilir dari sambungan telepon seluler menyampaikan kepada kami (red ) mengeluhkan jika sampai hari ini pun belum adanya perhatian dari pemerintah daerah kabupaten Melawi.
Selaku warga yang sangat mendambakan Kabupaten Melawi Maju, Kerusakan jalan di Pinoh-Ella memang perlu menjadi perhatian khusus. Mengingat ruas jalan strategis nasional tersebut sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat. Sementara di sisi lain tidak ada anggaran yang dialokasikan Pemkab Melawi untuk memperbaiki jalan tersebut.

Anggota Komisi II DPRD Melawi, Alexius mengatakan kondisi jalan Pinoh-Ella sudah sangat parah. Ia berharap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Melawi berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kalbar, serta pusat untuk dilaporkan kondisi jalan yang ada.

“Disampaikanlah dengan data yang ada, karena bila dibiarkan terus menerus lama-lama jalan tersebut tak bisa dilalui,” ujar legislator asal Ella ini.

Alex mengatakan, bila perlu Pemkab Melawi bisa memanggil perusahaan yang beraktivitas di wilayah Ella dan menukung untuk bisa memabantu perbaikan jalan. Karena setiap harinya kendaraan pengangkut buah sawit maupun CPO melintasi jalan Pinoh-Ella.

“Mungkin perlu DPRD, pemerintah dan perusahaan, duduk semeja untuk mengatasi masalah tersebut,” jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Melawi, Hendegi Januardi UY mengatakan, masyarakat saat ini tak terlalu mengetahui soal status jalan tersebut, apakah menjadi ruas jalan kabupaten, atau jalan nasional. Mereka menganggap, jalan Pinoh-Ella menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Karenanya, perlu ada upaya penanganan segera. Agar jalan ini tak semakin parah. Bila sampai terputus, maka ekonomi, khususnya di wilayah Kecamatan Ella dan Menukung bisa lumpuh,” katanya.

Kadis PUPR Melawi, Makarius Horong, mengungkapkan status jalan Pinoh-Ella memang sudah menjadi Jalan Strategis Nasional. Selain sudah menjadi kewenangan pusat, Pemkab tahun ini tak menganggarkan dana melalui UPJJ.

“Soal jalan rusak ini kita sudah lapor bupati. Yang jelas kita tak punya dana. Ada memang dana tanggap darurat yang dianggarkan di BPKAD. Cuma pencairannya sedikit rumit, karena bupati harus menyampaikan permohonan ke DPRD harus disetujui melalui rapat paripurna”, jelasnya. ( Irfan )

Komentar Facebook
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang di website resmi www.radarinvestigasi.id, sebuah website pemberitaan yang terintegrasi dengan media cetak radar investigasi

Copyright © 2017 RADAR INVESTIGASI. Developed by CV. Alfajril Multimedia.

To Top